Cara Menghafal Al-Qur’an Dengan Cepat Dan Mudah

Posted on

Menghafal Al-Qur’an adalah impian semua orang yang memahami keutamaan bagi orang-orang yang menghafal Al-Qur’an. Allah sudah menjamin bahwa menghafal Al-Qur’an itu mudah.meskipun Allah telah menjamin bahwa menghafal Al-Qur’an itu mudah, nyatanya banyak yang sulit untuk menghafal Al-Qur’an.

Tahfidz Al-Qur’an

Bahkan untuk menghafal satu ayat saja membutuhkan waktu yang sangat lama, dan setelah hafal juga cepat lupa nya. Saat anda menghafal Al-Qur’an dan merasa kesulitan menghafal ayat demi ayat, ketahuilah yang sulit bukanlah ayatnya, mungkin cara kamu menghafal yang mesti dirubah.

Cara Cepat Menghafal Al-qur’an Untuk Anak

Bagi ummi abi atau guru yang menginginkan anaknya hafal Al-Qur’an 30 juz. Berikut ini ada beberapa cara cepat menghafal Al-Qur’an untuk anak:

  1. Menerapkan Etika Menghafal Al-Qur’an Pada Anak

Sebelum menghafal Al-Qur’an sebaiknya ummi abi mengajarkan kepada anaknya untuk menerapkan etika-etika dalam membaca Al-Qura’an. Bertujuan agar Allah memudahkan langkah anak kita dalam menghafal nya, serta menjauhkan dari godaan syaitan yang terkutuk. Berikut ini ada beberapa etika yang harus di ajarkan kepada anak:

  • Niat sepenuh hati semata hanya kepada Allah SWT
  • Berdoa kepada Allah SWT
  • Berwudhu sebelum membaca Al-Qur’an
  • Membaca ta’awud saat ingin memulai menghafal Al-Qur’an
  • Membaca basmalah setiap awal surat
  1. Mendengarkan Al-Qur’an Pada Setiap Kesempatan

Kenalkan Al-Qur’an sejak dini kepada anak yaitu pada masa mereka masih balita. Tujuannya agar setiap lantunan ayatnya tidak asing di pendengaran mereka.

Teknik ini sama halnya saat kita mengajak anak untuk bisa berbicara yang di mulai dengan mendengar sesuatu dari orang tuanya. Sifat anak yang masih balita itu mudah menyerap berbagai hal yang ada di sekitarnya.

  1. Membaca Al Qur’an Sejak Bayi Dalam Kandungan

Janin atau bayi yang masih berada dalam kandungan memiliki kemampuan untuk mendengarkan lingkungan yang berada di luar tubuh sang ibu. Otaknya juga mampu berkembang dari sifat pendengaran nya itu.

Dengan sering mendengarkan Al-Qur’an atau membacanya saat mengandung anak. Itu akan mempermudah anak dalam mengingat setiap ayatnya, kelak setelah balita mereka akan mengingatnya kembali.

  1. Cari Cara Mengajar Yang Baik

Masa kanak-kanak memang masanya untuk bermain-main, hal ini yang membuat mereka sulit fokus pada satu hal dan mudahnya teralih kan oleh hal lain. Sehingga kita sebagai orang tua perlu membuat cara agar anak bisa menghafal Al-Quran secara cepat dan efektif.

Salah satunya dengan menggunakan pembelajaran yang unik. Keunikan pembelajaran di sesuaikan dengan karakter anak. Jika anak mempunyai sifat hiperaktif, maka bisa menggunakan tempelan potongan ayat Al- Qur’an di dinding rumah sehingga saat bergerak kesana kemari anak masih bisa menghafal Al-Qur’an.

  1. Memberikan Penghargaan Setiap Kali Anak Berhasil Menghafal

Penghargaan atau apresiasi bertujuan agar anak bisa terbantu dalam menghafal. Caranya bisa dengan memberi jempol atau pun tepuk tangan. Bisa juga menggunakan pujian atau sesuatu yang di sukai oleh anak.

  1. Tetap Istiqomah Walau Patah Semangat

Iman terkadang bisa naik bisa turun, demikian pula dengan semangat dalam beribadah dan itu wajar menimpa ke siapa saja. Kuncinya tetap istiqoh dalam bentuk apapun.

Baca juga: Cara Menjadi Orang Sukses Menurut Al-Qur’an Dan Sunnah

Cara Menghafal Al-Qur’an Yang Efektif

Sesuatu yang paling berhak di hafal adalah Al-Qur’an, karena Al-Qur’an adalah kalamullah, firman Allah, pedoman hidup umat islam, sumber dari segala sumber, dan bacaan yang paling sering di ulang-ulang oleh umat islam. Oleh sebab itu orang yang menuntut ilmu hendaknya menjadikan hafalan Al-Qur’an sebagai prioritas utamanya.

Di bawah ini ada beberapa langkah efektif untuk menghafal Al-Qur’an:

  1. Niat Ikhlas Karena Allah

Sebelum menghafal Al-Qur’an niat harus menjadi yang utama. Karena segala sesuatu yang kita lakukan itu harus di awali dengan niat. Niatkan hafalan Al-Qur’an ikhlas karena allah saja. Niscaya Allah akan membantu kamu dan menjauhkan kamu dari rasa malas dan bosan.

Karena segala sesuatu pekerjaan yang di niatkan ikhlas akan terus dan tidak akan terputus. Berbeda dengan niat yang hanya mengejar materi saja.

  1. Menghafal Dari Satu Cetakan

hafalan Al-Qur’an dari satu cetakan yang sama akan sangat berpengaruh pada kecepatan menghafal kamu. hafalan akan menjadi lebih mudah melekat dalam memori kamu. selain menggunakan cetakan yang sama, gunakan juga Al-Qur’an yang lebih mudah di baca.

  1. Baca Berulang-Ulang

semakin kamu sering mengulang-ulang bacaan ayat Al-Qur’an, akan lebih mudah ayat tersebut lengket di memori ingatan kamu.

  1. Menyetorkan Hafalan Ke Guru Tahfidz

jika ingin menghafalkan Al-Qur’an usahakan ada gurunya. karena bagaimanapun juga guru sangat berpengaruh penting untuk hafalan kita. Berapa pun ayat yang kamu hafal, setorkan kepada guru tahfidz. usahakan menyetorkan nya minimal satu kali setiap hari, agar lebih cepat menyelesaikan 30 juz dengan sempurna.

Demikian cara menghafal Al-Qur’an dengan cepat dan mudah, semoga kamu bisa menjadi seorang tahfidz yang sukses dunia akhirat. Aamiin.

(Visited 37 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *