Cara Menyembuhkan Masuk Angin Dengan Bahan Alami

Posted on

Cara Menyembuhkan Masuk Angin – masuk angin merupakan kondisi kesehatan yang paling umum dan mudah menyerang seseorang dengan tingkat daya tahan tubuh rendah. Masuk angin sering berujung flu dan batuk di tambah juga sakit kepala.

Penyebab Masuk Angin Dan Cara Mengatasinya

Meskipun sepele, jangan kamu biarkan begitu saja, sebab sudah banyak kasus masuk angin yang menyebabkan kematian. Maka dari itu, sebaiknya jika kamu terserang masuk angin segera di obati.

Gejala Masuk Angin

Keluhan dan gejala-gejala yang dikeluhkan pada umumnya adalah:

  • Keluhan meriang atau demam tidak tinggi
  • Perut terasa kembung
  • Cegukan atau sering bersendawa
  • Pilek
  • Rasa dingin, terkadang sampai menggigil
  • Badan terasa lelah
  • Berkeringat dingin
  • nafsu makan berkurang
  • nyeri kepala yang tidak berat

Baca juga: Penyebab Dan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat

Cara Menyembuhkan  Masuk Angin

Masuk angin adalah kelebihan angin di dalam tubuh, cara mengobati nya meliputi pengusiran kelebihan angin itu dari tubuh kita. Kalau angin nya sudah di keluarkan, keseimbangan badan dapat di pulihkan dan bisa sehat kembali.

Mengatasi masuk angin tidak selamanya harus mengkomsumsi obat-obatan. Kamu bisa menghilangkan masuk masuk angin secara alami. Berikut ini beberapa cara menyembuhkan masuk angin yang bisa kamu coba:

  1. Cara Kerokan

Cara ini mungkin sudah sangatlah populer untuk mengatasi masuk angin dan hal ini sudah di lakukan sejak jaman dahulu. Cara ini di lakukan dengan menggosok punggung dengan minyak kayu putih atau balsem hingga kemerahan.

Namun jadikan kerokan sebagai alternatif lainnya karena kerokan yang terlalu sering akan membuat pembuluh darah menjadi melebar. Akibatnya kita juga akan sering mengalami masuk angin juga.

  1. Wedang Jahe

Jahe merupakan jenis rempah-rempah yang kaya akan antioksidan, seperti kaemferol. Bahan tersebutlah yang berfungsi untuk melawan infeksi pada tubuh serta efek jahat radikal bebas.

Cara mengatasi masuk angin dengan jahe cukup sangatlah mudah. Parut atau iris kecil-kecil satu rimpang jahe berukuran sedang. Seduh bersama segelas air panas, diamkan selama 5 menit. Saring wedang jahe, lalu campurkan dengan gula batu. Jika ingin lebih nikmat lagi, minum wedang jahe selagi masih hangat dan bersama pisang goreng atau makanan kesukaan kamu lainnya.

  1. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa alicin yang bertindak layaknya antibiotik dan antioksidan alami. Yang sangat berguna untuk melawan infeksi serta menambah kekebalan tubuh. Caranya kamu bisa langsung memakannya secara mentah-mentah atau kamu buat sup bawang putih.

  1. Rebusan Air Daun Pepaya

Sebenarnya rebusan daun pepaya ini sangatlah ampuh untuk menyembuhkan masuk angin. Namun obat ini banyak yang menghindari karena rasanya yang sangat pahit.

Lupakan dulu rasa pahitnya seperti masa lalu kamu sama dengannya. Hehehehe. Jika kamu tidak mampu menahan rasa pahit nya kamu bisa mengkomsumsi daun pepaya dalam bentuk tumisan, supaya daun pepaya bisa di komsumsi dengan rasa yang lebih enak.

Caranya tidaklah sulit kok. Cukup ambil 4 atau 5 lembar daun pepaya gantung,rebus daun pepaya tadi dengan 1 liter air sampai tersisa setengahnya. Kemudian saringlah dan ambil air rebusan nya saja, kemudian minumlah selagi masih hangat. Kamu bisa menambahkan garam sedikit untuk mengurangi rasa pahit nya.

  1. Ubi Merah

Mungkin untuk sekarang ini kita sulit mendapatkan ubi merah. Karena ubi merah sangatlah jarang di komsumsi masyarakat modern sekarang ini, padahal ubi merah sangatlah mengandung berjuta manfaat untuk kesehatan bagi tubuh.

Salah satunya ubi merah mampu mengobati masuk angin pada saat musim penghujan. Agar khasiatnya semkin lengkap, kamu bisa mengkombinasikan juga dengan jahe, merica, kapulaga, kayu manis,cengkeh  dan  masih banyak lagi.

Caranya kupas dan cuci bersih satu ubi merah. Rebus dengan bahan lainnya seperti jahe merah, 8 butir kapulaga, 8 butir merica, gula merah, 4 butir cengkeh, bubuk kayu manis seperlunya. Setelah mendidih saring dan ambillah air air rebusan nya. Dan minumlah air rebusan tadi selama masih hangat.

  1. Daun Sembukan

Daun beraroma menyengat ini mempunyai khasiat yang sangat luar biasa dalam menyembuhkan masuk angin. Orang jawa biasanya melilitkan daun sambukan di bagian perut seperti sabuk. Jika tidak nyaman dengan cara tersebut bisa dengan cara merebus daun sembukan dan komsumsilah daun tersebut seperti halnya mengkomsumsi sayur pada umumnya.

Demikianlah cara menyembuhkan masuk angin dengan cara alami yang bisa kamu coba. Manfaatkan lah bahan-bahan alami disekitar anda sebelum menggunakan bahan kimiawi. namun perlu kita pahami bahwa pada dasarnya kesembuhan datangnya dari Allah SWT. tetapi kita juga mengupayakan kesembuhan tersebut.

(Visited 57 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Website ini merupakan salah satu dari sekian banyak web yang membahas seputar Cara, Tutorial, Android, Internet dan lainnya dengan pembahasan yang mudah di mengerti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *