Cara Mudah Meningkatkan Performa Perangkat Android

Posted on

Android adalah perangkat komputer yang disederhanakan untuk memudahkan Kamu dalam bermobilisasi tanpa harus lepas dari teknologi.

Dengan menggunakan perangkat Android Kamu tetap bisa mengatur jadwal meeting dengan orang lain, Kamu bisa melakukan transaksi dan kegiatan jual beli, Kamu masih bisa melakukan review terhadap laporan yang diserahkan oleh anggota tim Kamu, Kamu juga masih bisa menonton berbagai macam video menarik bahkan main game untuk menghilangkan rasa bosan.

Bikin Android Ngebut
Bikin Android Ngebut

Pada akhirnya lama kelamaan perangkat Android Kamu akan makin lambat dan menurun performanya setelah diisi dengan berbagai macam aplikasi dan menyimpan macam-macam data.

Agar Android Kamu bisa berjalan dengan selalu lancar dan tetap awet, berikut adalah cara mudah melakukan perawatan perangkat lunak Android yang bisa Kamu lakukan sendiri.

Melakukan update pada OS

Versi-versi terbaru dari Android selalu memiliki peningkatan dalam hal organisir aplikasi, keamanan, dan juga meningkatkan user experience yang lebih baik dalam menggunakan Android.

Tergantung dari perangkat yang Kamu gunakan, Kamu bisa melakukan update OS Android yang digunakan untuk mendapatkan performa perangkat yang lebih efisien dan lebih hemat energi baterai dengan performa yang lebih stabil.

Hal-hal yang bisa jadi perhatian sebelum melakukan update OS adalah pastikan baterai cukup dan backup data yang penting dari perangkat agar data yang korup atau hilang saat proses update masih bisa dikembalikan.

Melakukan root pada Android

Jika Kamu ingin memiliki akses dan kontrol penuh pada perangkat Android yang Kamu miliki termasuk memanfaatkan kapasitas maksimal yang diklaim pada spesifikasi perangkat, Kamu bisa mempertimbangkan melakukan rooting.

Manfaat melakukan root pada Android adalah melakukan update OS pada perangkat model yang lama

  1. memberikan Kamu akses kepada fitur Android yang diblokir sebelumnya
  2. memberikan kapasitas maksimal tanpa dipotong oleh sistem
  3. menghapus aplikasi built-in atau aplikasi bawaan yang tidak pernah Kamu gunakan dan hanya makan memori saja
  4. dan masih banyak lagi lainnya.

Kamu bisa mencari tutorial di internet tentang bagaimana caranya melakukan root pada Android sesuai dengan tipe perangkat dan juga versi OS yang digunakan.

Root pada Android akan meningkatkan performa perangkat Kamu secara keseluruhan, meski begitu pahami benar resikonya dan apakah benar-benar dibutuhkan atau tidak.

Baca : Cara Mudah Root Androdi Tanpa Komputer

Menonaktifkan aplikasi bawaan

Cara mudah selanjutnya untuk meningkatkan performa Android adalah dengan menonaktifkan aplikasi bawaan yang tidak pernah digunakan.

Jika Kamu tidak memilih untuk melakukan root, yang bisa dilakukan agar aplikasi bawaan ini tidak makan memori lebih banyak adalah dengan meng-uninstall update aplikasi sehingga ukurannya adalah ukuran awal aplikasi tanpa data.

Kemudian hindari mengeset aplikasi bawaan tersebut sebagai aplikasi default sehingga tidak ada data dan juga cache yang tersimpan dalam aplikasi tersebut.

Kamu juga bisa melakukan pengaturan pada Play Store untuk mencegah aplikasi-aplikasi bawaan ter-update secara otomatis.

Hemat baterai

Android Kamu akan mengurangi performanya apabila kapasitas baterai yang tersedia hampir habis.

Apalagi jika Kamu mengaktifkan battery saver yang membuat beberapa fitur pada perangkat tidak bisa digunakan secara maksimal.

Untuk menghemat baterai lebih lama setidaknya sampai Kamu punya banyak waktu untuk mengisi baterai sampai penuh, matikan WiFi dan juga Bluetooth ketika tidak digunakan.

Ketika perjalanan jauh, ada baiknya untuk mematikan paket data karena perangkat akan terus mencari sinyal dari provider dan lokasi yang berpindah-pindah akan membuat perangkat Kamu bekerja lebih keras.

Kurangi tingkat kecerahan layar ketika Kamu berada di dalam ruangan karena  kecerahan layar membutuhkan tenaga yang cukup besar.

Baca Juga : Atasi Android Lemot Dengan Mudah

Menjaga keamanan perangkat Android

Ada banyak sekali kejahatan yang bisa terjadi karena pengamanan perangkat Android yang kurang baik.

Yang bisa Kamu lakukan adalah jangan mengklik link yang diberikan oleh orang lain tanpa tahu persis asal dan juga isi kontennya.

Link-link pembawa virus biasanya banyak ditemukan di email yang berkedok promosi hingga konten-konten media yang bohong.

Kemudian untuk mengantisipasi Android yang hilang, Kamu bisa menggunakan Android Device Manager yang bisa diakses melalui perangkat Android lain atau komputer, untuk membunyikan perangkat Android, mengunci dan mengganti password, hingga menghapus data yang ada pada perangkat Android yang hilang.

Sekian postingan cara mudah meningkatkan performa android pada kesempatan kali ini semoga ulasan yang ada di atas bisa menambah wawasan serta ilmu untuk kamu selamat mencoba.

(Visited 66 times, 1 visits today)
Gravatar Image
Website ini merupakan salah satu dari sekian banyak web yang membahas seputar Cara, Tutorial, Android, Internet dan lainnya dengan pembahasan yang mudah di mengerti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *